Monday, November 4, 2013

Malam 1 Syuro

Alhamdulillah, sebentar lagi kita umat muslim akan memasuki tahun yg baru yaitu tahun 1435 hijriah. udah pada punya planning apa ni?

Besok sudah masuk bulan muharrom, salah satu bulan yg dimuliakan oleh Alloh. Yang perlu dipertegas lagi bahwa bulan muharrom bukanlah bulan keramat sebagaimana yg diyakini oleh sebagian besar masyarakat di negeri ini, utamanya masyarakat jawa. Karena anggapan inilah banyak larangan2 dan ritual aneh di bulan yg biasa disebut bulan syuro ini seperti larangan menggelar acara pernikahan dan hajatan lainnya. Kita sebagai umat nabi Muhammad hendaknya tidak mempercayai hal2 seperti itu.

Dari beberapa ulasan yg saya baca, di bulan Muharrom kita dianjurkan untuk memperbanyak amalan2 yg baik seperti memperbanyak sedekah, membaca alqur'an dan juga puasa pada tanggal 9 & 10 muharrom.

Dari Abu Hurairah RA. berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Sebaik-baiknya puasa setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah Muharram. Dan sebaik-baiknya ibadah setelah ibadah wajib adalah shalat malam.” (HR Muslim)

Selain itu, hendaknya kita juga berintrospeksi atau bermuhasabah. Semoga kita masih diberi kesempatan untuk terus memperbaiki diri.






No comments:

Post a Comment