Tuesday, January 6, 2015

TPQ Ala Ibu-ibu

Beberapa minggu belakangan, ibu-ibu di tempat saya beramai-ramai belajar ngaji Al Qur'an lagi. Awal mulanya, ada seorang perempuan yang menyewa rumah tetangga saya untuk tempat tinggal. Beliau itu seorang guru ngaji yang mengajarkan membaca Al Qur'an baik kepada anak-anak maupun orang dewasa. Mungki itulah cara Allah untuk memberikan hidayah. Ibu-ibu kemudian berkeinginan untuk belajar membaca Al-Qur'an dari iqro'. Keinginan itu berawal dari kesadaran akan kurangnya kefasihan dalam membaca Al-Qur'an. 

Gayung pun bersambut. Sang guru ngaji menyanggupi untuk mengajari mereka seminggu sekali selepas isya'. Kira-kira ada sekitar 15 orang yang ikut belajar ngaji. tidak banyak memang, tapi sangat menyejukkan melihat semangat belajar mereka di usia yang sudah tidak muda lagi. tetapi yang ikut bukan cuma para tetua saja. Ada juga beberapa ibu muda dan yang belum ibu-ibu seperti saya hehehe. Saya sendiri sadar betul kemampuan saya membaca Al-qur'an masih jauh dari sempurna. Karenanya saya tidak melewatkan kesempatan ini.

"Sebaik-baik orang diantara kalian adalah yang mempelajari Al-Qur'an dan mengajarkannya". Begitulah kutipan hadits yang mengingatkan kita untuk senantiasa belajar Al-Qur'an dan jika sudah bisa gantian mengajarkannya pada orang lain yang belum bisa. Sang guru ngaji yang berpenampilan kalem itu dengan sabar mengajari ibu-ibu tanpa harus menggurui. Semoga Alloh memberikan limpahan pahala kepada  beliau.


  

No comments:

Post a Comment